ZT Kru - шаблон joomla Окна

Berita

Dalam proses penerbitan/penonaktifan NUPTK para GTK dapat mengetahui dan memantau progres dari proses penerbitan/penonaktifan NUPTK yang dilakukan di setiap simpul operator (Sekolah, Disdik, Ditjen GTK, dan PDSPK) maka dapat ditelusuri berdasarkan mekanisme yang sudah disepakati baik di lingkungan Kemendikbud, Dinas Pendidikan, maupun Sekolah. (Sumber NUPTK). 

Berikut mekanisme penerbitan/penonaktifan NUPTK:

mekanisme

Tanggal / Tempat Pelaksanaan :

4  s.d. 6 April 2017 / LPMP Sumsel

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP Sumsel,

Inti Kegiatan :

Untuk memfasilitasi sekolah (SD, SMP, SMA dan SMK) meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru serta membantu sekolah mengimplementasikan K13, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Pembinaan SD, SMP, SMA dan SMK menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pendampingan pelaksanaan K13. Bimbingan Teknis dan pendampingan pelaksanaan K13 tersebut dengan sejumlah program pendukung lainnya diharapkan mampu menjadikan jumlah sekolah pelaksana K13 naik secara signifikan setiap tahun.

Pembiayaan kegiatan bimbingan teknis dan pendampingan implementasi K13 menggunakan dana pusat yang dikelola oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), sementara itu pembiayaan kegiatan bimbingan teknis dan pendampingan implementasi K13menggunakan skema dana Bantuan Pemerintah (Bantah) yang disalurkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) kepada sekolah. Bantuan Pemerintah bimbingan teknis dan pendampingan implementasi K13 diberikan kepada sekolah digunakan untuk pelaksanaan bimbingan teknis dan pendampingan implementasi K13.

Dalam rangka menjelaskan proses, mekanisme, dan materi bimbingan teknis dan pendampingan implementasi K13, LPMP Sumatera Selatan memandang perlu melaksanakan Asistensi Sekolah Penerima Bantuan Pemerintah Bimbingan Teknis Guru Sasaran Kurikulum 2013  Tahun 2017.

Asistensi Sekolah Penerima Bantuan Pemerintah Bimbingan Teknis Guru SasaranKurikulum 2013   Tahun 2017 ini bertujuan agar peserta:

  1. Memahami tentang kebijakan, substansi, dan mekanisme bimbingan teknis dan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2017;
  2. Mampu menyusun dan menyepakati rencana kerja bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagu Guru Sasaran;
  3. Mampu menyusun dan menyepakati Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bantuan Pemerintah bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran;
  4. Memahami  peran dan tanggung jawab sekolah sebagai Tempat Pelatihan Kurikulum (TPK) dalam pelaksanaan bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagu Guru Sasaran;
  5. Memahami mekanisme penyaluran, penggunaan dan pelaporan Bantuan Pemerintah bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran.

Sasaran Asistensi Sekolah Penerima Bantuan Pemerintah Bimbingan Teknis Guru Sasaran Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini adalah kepala sekolah Tempat Pelatihan Kurikulum (TPK) dalam pelaksanaan bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran calon penerima dana bantuan pemerintah bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran di 17 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Selatan, berjumlah 99 orang.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Asistensi Sekolah Penerima Bantuan Pemerintah Bimbingan Teknis Guru SasaranKurikulum 2013   Tahun 2017 ini adalah peserta:

  1. Memahami tentang kebijakan, substansi, dan mekanisme bimbingan teknis dan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2017;
  2. Mampu menyusun dan menyepakati rencana kerja bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran;
  3. Mampu menyusun dan menyepakati Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bantuan Pemerintah bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran;
  4. Memahami  peran dan tanggung jawab sekolah sebagai Tempat Pelatihan Kurikulum (TPK) dalam pelaksanaan bimbingan teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran;

Guna menuntaskan pemberian sertifikat pendidik bagi guru-guru yang sudah menjalankan tugas sebagai guru tetapi belum memiliki sertifikat pendidik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2017 ini kembali akan melaksanakan program Sertifikasi Guru melalui LPTK Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Sertifikasi guru tahun 2017 ini pada umumnya dilaksanakan melalui pola PLPG yang didahului dengan kegiatan Pra Kondisi selama 3 bulan dengan materi yang disiapkan secara on line di laman sergur dan didampingi oleh mentor dari LPTK. Kriteria kelulusan telah ditetapkan dengan nilai minimal Ujian Tulis Nasional (UTN) 80.0.

Mengingat kemampuan pendanaan yang tersedia, pelaksanaan sertifikasi guru 2017 diproritaskan bagi guru-guru yang sudah lolos verifikasi pada tahun 2016 tetapi tidak masuk kuota 2016 dan juga bagi guru-guru SMK yang telah mengikuti program keahlian ganda.

Kepada Peserta UTN Ulang di Sumatera Selatan( khusus Guru yang ikut PLPG tahun 2016, yang belum lulus UTN). Silahkan lihat jadwal, tempat dan waktu pelaksanaanya dan cetak kartu Ujian peserta UTN disini.

Kartu Ujian dibawa, pada waktu pelaksanaan berlangsung.

INDRALAYA, 20 Maret 2017, Dalam rangkaian kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bapak Prof.Muhajir Effendi bersama bapak Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Dirjen Kebudayaan beserta rombongan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sebuah kabupaten pemekaran di Sumatera Selatan, rombongan pak Menteri menyempatkan diri untuk berkunjung di Kampus LPMP Sumatera Selatan yang terletak di Km 36 Kota Indralaya ibu kota Kabupaten Ogan Ilir. Rombongan pak Menteri tiba di LPMP pukul 19.00 setelah menempuh perjalanan darat dari Bandara SMB II Kota Palembang.

210320172a

Setelah istirahat sejenak dan menunaikan sholat maghrib di Rumah Dinas Kepala LPMP, bapak Mendikbud Prof.Muhajir Effendi bersama bapak Dirjen GTK bapak Sumarna Suryapranata.Phd. melakukan ramah tamah dengan Kepala LPMP Sumsel Dr.Yaswardi dan staf di ruang publikasi LPMP.

210320172b

Pada kesempatan tersebut Kepala LPMP menjelaskan tentang program kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2017 antara lain pelatihan K13, pemetaan mutu pendidikan dan pengembangan sekolah model penjaminan mutu di Sumatera Selatan, disamping itu juga disampaikan juga tentang upaya membangun komunikasi dengan para Bupati dan Walikota se Sumatera Selatan termasuk rencana mengundang pak Mendikbud untuk membuka kegiatan lounching sekolah model 2017 yang direncanakan pada bulan April di Kota Lubuk Linggau dengan menghadirkan seluruh Kepala Sekolah Model se Sumatera Selatan.

210320172c

Pak Menteri merasa senang dapat berkunjung ke salah satu UPT Kementerian yang ada di daerah dan mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh LPMP Sumatera Selatan dalam membangun mutu pendidikan melalui tugas dan fungsinya. Beliau berharap agar terus ditingkatkan dan mengupayakan untuk hadir pada acara dimaksud jika jadwalnya menungkinkan.

Jakarta, 16 Maret 2017. Berdasarkan Permendikbud Nomor 29 Tahun 2016 tentang Sertifikasi Bagi Guru yang Diangkat Sebelum Tahun 2016 pada Pasal 6 ayat (5) menyatakan bahwa “Guru dinyatakan lulus UKG pada akhir PLPG apabila memperoleh nilai paling rendah 80”

200320172a

Apabila seseorang guru yang mengikuti proses PLPG yang nilai ujian tulis nasional (UTN) nya belum mencapai 80, maka yang bersangkutan diberi kesempatan untuk mengikuti UTN ulang sebanyak 4 kali selama 2 tahun. Pada pelaksanaan PLPG tahun 2016 terdapat sebanyak 41.281 peserta PLPG se Indonesia yang dinyatakan TIDAK LULUS karena UTNnya belum mencapai nilai 80

“Mengingat masih banyaknya peserta yang belum dinyatakan lulus dan jarak tempat tugas mereka relatif jauh dengan tempat pelaksanaan PLPG, maka agar tidak membebani para guru untuk mendatangi LPTK tempat penyelenggara PLPG , kebijakan yang ditempuh oleh Ditjen Guru dan Tenaka Kependidikan adalah menyeleggarakan UTN berbasis wilayah secara online dengan menggunakan TUK sebagai tempat pelaksaan ujian”. Demikian ungkap Sumarna Suryapranata, Dirjen GTK pada ada pembukaan Rakor Persiapan UTN di Hotel Golden Boutique Jakarta 16 Maret 2017 yang dihadiri para Ketua KSG LPTK dan Kasi Sistem Informasi LPMP dan Kabid Sekolah SMA/SMK seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut bapak Dirjen GTK meminta bantuan dari LPMP untuk dapat memfasilitasi pelaksanaan ujian sisten online tersebut, hal ini dimungkinkkan karena LPMP sudah sangat berpengalaman melaksanakan ujian sistem online dan sukses menguji lebih dari dari 2 juta guru pada pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG). Pelaksanaan UTN ulangan 1 dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 24-28 April 2017 di TUK yang akan segera ditetapkan oleh LPMP dan khusus di Provinsi Sumatera Selatan terdapat 2.032 orang guru.

Informasi teknis selengkapnya akan disampaikan kemudian di laman lpmpsumsel.org setelah ketetapan dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diterima oleh LPMP. #mardan_abdie#